"Selamat Datang di www.rudi-sugara.blogspot.com Semoga Bermanfaat !!!"

Jumat, 09 September 2011

Fasilitas Internet

Semakin berkembangannya teknologi maka semakin banyak aplikasi yang dibuat sehingga semakin banyak layanan yang disediakan internet. Berikut ini layanan yang disediakan oleh internet:
- WWW (World Wide Web)
Merupakan aplikasi yang sangat populer yang merupakan kumpulan penyedia web secara massal yang menyajikan informasi yang melimpah, baik dalam bentuk teks, gambar, animasi, audio, maupun video. www dikenal juga dengan webpage. Dan sekumpulan webpage yang saling terhubung disebut dengan website. 

- E-Mail (Elektronik Mail)
Adalah media pengiriman surat secara elektronik. Layanan ini sangat penting dan sering digunakan orang dalam mengirim surat dibandingkan dengan mengirimkan surat dengan jasa pos. Adapun kelebihannya:
a. hemat waktu dan lebih efisien,
b. lebih murah,
c. bisa dikirim ke beberapa penerima,
d. bisa menyertakan banyak lampiran.
Layanan e-mail di internet terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:
a. Post Office Protocol (POP) mail,
b. e-mail berbasis web (webmail),
c. e-mail forwarding.

- Mailing List (Milis)
Merupakan aplikasi diskusi dalam suatu forum dengan menggunakan e-mail. Setiap pesan yang dikirim oleh anggota milis maka semua anggota akan merimanya. Dan di mailing list dikenal dengan adanya moderator yang bertanggung jawab atas pengelolaan mailing list. Moderator pada mailing list dibagi dua jenis, yaitu:
a. Moderated Mailing List (Adanya penyaringan pesan yang masuk).
b. Unmoderated Mailing List (Tidak adanya penyaringan pesan yang masuk).

- Chatting
Percakapan langsung secara tertulis pada waktu yang sama. Sekarang ini cahtting bukan hanya menggunakan teks biasa tapi sudah dapat menggunakan symbol atau gambar.

- File Transfer Protocol (FTP)
Berfungsi mentransfer atau memindahkan data atau file.
a. Mengambil data dikenal dengan download.
b. Mengirim data dikenal dengan upload.

- Telnet (Terminal Network)
Merupakan aplikasi remote login, yaitu mengakses data maupun aplikasi yang terdapat di server dari komputer lain.

- Multimedia
Web yang bersifat interaktif dan atraktif yang menampilkan perpaduan antara teks, gambar, audio, video dan animasi sehingga terlihat lebih menarik.

- Teleconference
Percakapan yang dilakukan secara langsung dengan audio visual yang menggunakan webcam.

- Blog
Merupakan aplikasi pengunggah file yang digunakan sebagai media berbagi artikel maupun catatan harian yang ditayangkan secara online dan diolah secara individu.

- Jaringan Sosial
Jaringan sosial  merupakan website pertemanan yang memungkinkan seluruh orang dapat terhubung dimana setiap pengguna dapat mengirimkan opininya yang secara langsung dikirim ke seluruh orang yang menjadi temannya. Jaringan yang berupa website ini berfungsi untuk memperluas hubungan dengan semua orang. Jaringan sosial yang berkembang saat ini yaitu Friendster, Facebook, Twitter, dll.

- E-Commerce (Electronic Commerce)
Aplikasi yang digunakan untuk mempermudah pengguna dalam bertransaksi (perdagangan). Prosedur yang dilakukan adalah penjual akan meminta data diri dan alamat untuk mengirimkan paket yang diinginkan pembeli dan penjual akan mengirimkan paket jika pembeli sudah mentranfer biaya melalui kartu kredit, transfer bank, maupum ATM.

- Buletin Board System (BBS)
Layanan BBS merupakn pusat layanan informasi yang menyediakn informasi dari berbagai bidang seperti pendidikan, teknologi, bisnis, sosial, promosi, dan lainnya. Pengguna BBS disediakan fasilitas untuk mengunduh sekaligus mengunggah berita atau file dan dapat berdiskusi dengan pengguna lain tenteng topik tertentu.

- Voice over Internet Protocol (VoIP)
VoIP merupakan pengiriman atau komunikasi suara melalui jaringan internet. Istilah lain dari VoIP yaitu IP Telephony, Internet Telephony, Voice over Broad Band (VoBB), Broad Band Telephony, dan Broad Bandtelepon. Terminal yang digunakan berupa komputer yang dilengkapi  alat penerima dan microphone.

- Internet Fax
Internet dapat mengirimkan faksimal tanpa menggunakan mesin faksimile.

Masih banyak lanyanan internet yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah pengguna internet dalam melakukan aktifitasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar